Jumat, 07-06-2024
  • Selamat Datang Di Website SMP Katolik Adisucipto Penfui Kota Kupang - Bersama Spekacito pasti anda Bisa karena anda luar biasa

Pentingnya menambahkan Kewargaan Digital dalam pengembangan Kurikulum Sekolah

Diterbitkan :

Perkembangan teknologi utamanya media dan internet memiliki peran yang sangat besar dalam merubah pola pikir dalam kehidupan manusia khususnya dalam kalangan remaja. Era digital yang semakin canggih pun memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai informasi. Kemudahan akses teknologi digital tentu tidak hanya memberikan dampak yang positif namun juga dampak negatif, terutama penggunaan perangkat digital di kalangan pelajar. Kemudahan akses tersebut justru menjadi tantangan tersendiri karena tidak diikuti oleh pemahaman yang baik terhadap penggunaan perangkat digital sehingga memberikan dampak yang kurang baik bagi perkembangan moral dan karakter peserta didik. Kehadiran Program projek penguatan profil pelajar pancasila dalam program Merdeka Belajar yang dicetuskan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan riset dan teknologi diharapkan mampu menumbuhkan karakter peserta didik dalam menghadapi era digital yang semakin hari semakin tidak terbendung. Dengan demikian Profil pelajar pancasila menjadi lebih tepat sasaran jika diselaraskan dengan perlunya pendidikan tentang kewargaan digital bagi peserta didik.

Untuk mencapai tujuan tersebut bukanlah perkara mudah, perlu kerja sama dan kolaborasi seluruh lapisan masyarakat utamanya adalah peran keluarga dan lembaga pendidikan. SMP Katolik Adisucipto Penfui Kota Kupang sebagai sebuah lembaga yang dipercayakan untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa baik akademik maupun karakter menyikapinya dengan menempatkan kewargaan digital dalam kurikulum sekolah. sebagai langkah awal SMP Katolik Adisucipto Penfui melaksanakan sosialisasi kepada seluruh peserta didik dari kelas 7 sampai dengan kelas 9 dengan tema Kewargaan Digital yang berlangsung pada Sabtu, 21 Januari 2022 yang lalu merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab pihak sekolah dalam menciptakan generasi yang memiliki pemahaman yang kuat tentang menjadi warga digital yang bertanggung jawab. Kegiatan sosialisasi dimaksud bertujuan untuk memberikan pemahaman yang utuh bagi peserta didik tentang bagaimana menjadi warga digital yang menghormati, bertanggung jawab dan terlindungi. Dalam pemaparan materinya Dionesius Agung, S.A.P yang juga merupakan operator pada SMP Katolik Adisucipto Penfui  menjelaskan tentang bagaimana sebuah informasi bisa menjadi jejak digital (Digital footprint) yang  bisa diikuti oleh orang lain kapan saja, lebih lanjut disampaikan pula tentang informasi pribadi apa saja yang boleh dan tidak boleh dibagikan di dalam media sosial serta bagaimana seharusnya kita bermedia sosial yang menghormati, bertanggung jawab dan yang tidak kalah pentingnya adalah tetap terlindungi, terutama data dan  informasi  yang bersifat pribadi.

Pihak sekolah menyadari hal ini penting untuk dikembangkan bahkan dikembangkan  dalam kurikulum operasional satuan pendidikan. Sebagai sebuah lembaga menengah yang saat ini mendidik kurang lebih 400-an peserta didik tentu punya andil yang besar dalam menumbuhkan karakter peserta didik terutama dalam proses interaksi dalam  dunia digital. Dalam sambutannya Kepala SMP Katolik Adisucipto Penfui, Romo Yonas Kamlasi, Pr, S.Fil.MM mengajak seluruh warga sekolah terutama para pendidik untuk bersama sama memberikan pemahaman yang baik bagi peserta didik dalam memanfaatkan teknologi digital baik dalam proses pembelajaran .

Kegiatan sosialisasi tentang kewargaan Digital ini mendapat antusiasme dari peserta didik karena  memberikan pemahaman yang baru tentang bagaimana seharusnya dalam bermedia sosial serta bagaimana menjadi warga digital yang menghormati, bertanggung jawab dan terlindungi. Diawali dengan memberikan game berupa kuis tentang kewargaan digital yang disampaikan dengan menggunakan media interaktif yaitu Class Point tampak seluruh peserta didik yang hadir berjumlah kurang lebih 400 siswa masing masing dengan ponsel pintar yang dimilikinya mengerjakan game berupa kuis yang diberikan secara interaktif dan setiap siswa yang menjawab dengan benar akan mendapatkan 1 bintang membuat suasana kegiatan menjadi interaktif dan kolaboratif. Kegiatan ini juga tidak hanya diikuti oleh seluruh siswa tetapi juga para guru dan staf .

Di penghujung kegiatan selain ditunjukkan peserta yang mendapatkan bintang terbanyak dan layak untuk menyandang warga digital yang baik juga disampaikan tentang kiat kiat menjadi warga digital yang baik agar  tetap aman dalam berselancar di dunia digital.

Kewargaan digital menjadi penting untuk dimasukkan dalam pengembangan kurikulum sekolah agar kemudahan akses teknologi  bisa dibarengi dengan pemahaman yang baik tentang penggunaan perangkat digital. Harapannya dengan dimasukkannya materi Kewargaan digital dalam pengembangan kurikulum sekolah memberikan kesadaran kepada peserta didik sebagai generasi penerus bangsa tentang pentingnya keseimbangan penggunaan perangkat digital dan kesejahteraan, menjaga privasi dan keamanan, menjaga identitas pribadi dan rekam jejak digital, bagaimana berkomunikasi dan berelasi dengan sesama dan menghindari perundungan siber dan ujaran kebencian dalam media sosial serta pentingnya literasi digital dalam kehidupan dunia maya.

1 Komentar

salam
Kamis, 2 Feb 2023

Informasi yang sangat bermanfaat. Banyak berbagai macam teknologi di era digital semakin berkembang dan, Vendor Augmented Reality Jakarta juga di Indonesia merupakan salah satu teknologi yang akan mempermudah keseharian anda.

Balas

Beri Komentar

Balasan

Penulis : Dion Agung

Tulisan Lainnya

Alamat Sekolah

Jl. Adi Sucipto No. 44 Kelurahan Penfui Kecamatan Maulafa Kota Kupang -NTT

Email Sekolah

info@spekacipto.sch.id

Follow Sosial Media Kami

Juni 2024
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930