Minggu, 18-02-2024
  • Selamat Datang Di Website SMP Katolik Adisucipto Penfui Kota Kupang - Bersama Spekacito pasti anda Bisa karena anda luar biasa

MEWUJUDKAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) SPEKACIPTO MELAKSANAKAN TES POTENSI AKADEMIK BAGI PESERTA DIDIK BARU

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ditandai dengan berakhirnya satu tahun pelajaran. Setiap lembaga Pendidikan dari jenjang PAUD hingga SMA antusias mempersiapkan diri untuk menyambut Tahun pelajaran baru. Salah satu kegiatan yang cukup menyita waktu adalah Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dalam upaya mempersiapkan segala sesuatunya tentunya sekolah memiliki strateginya masing masing dalam upaya meraih simpati masyarakat dalam proses Penerimaan Peserta didik Baru, Tidak terkecuali bagi SMP Katolik Adisucipto Penfui Kota Kupang. Persiapan untuk penerimaan peserta didik baru dalam lingkup SMP Katolik Adisucipto Penfui Kota Kupang sudah ramai dibicarakan dalam internal sekolah sejak bulan Februari 2022, yang ditandai dengan dibentuknya kepanitiaan penerimaan Peserta Didik Baru untuk Tahun Pelajaran 2022/2023.

Ibu Agistina Beatrix Klau, S.Pd ( Pengawas Ruang Ujian) Sedang memberikan petunjuk mengerjakan soal dalam Perangkat Android siswa

Dalam Rapat Dewan Guru yang digelar pada Tanggal 11 Februari 2022 yang dipimpin oleh RD. Yonas Kamlasi, S.Fil.MM (Kepala Sekolah_red) terbentuk sebuah kepanitian yang Penerimaan Peserta Didik Baru yang diketuai oleh Yohanes Gitan Hokon,S.Pd bersama Dionesius Agung,S.A.P sebagai Sekretaris dan Ibu Maria Stella Yosefina Galus, S.Pd sebagai Bendahara. Panitia PPDB yang telah terbentuk langsung tancap gas dengan mempersiapkan segala sesuatunya serta berkomitmen untuk menyelenggarakan Proses Penerimaan Peserta didik baru yang akuntabel dan transparan. SMP Katolik Adisucipto Penfui akrab disebut Spekacipto, mulai membuka pendaftaran Peserta didik baru secara online pada 1 Maret 2022 dan berakhir pada tanggal 20 Juni 2022 dengan kuota 160 Pendaftar. Dalam upaya menarik simpati masyarakat, panitia memiliki peran penting dalam mengatur strategi untuk memenangkan hati masyarakat agar tertarik untuk mendaftarkan putra putrinya pada SMP Katolik Adisucipto Penfui, Alhasil, kerja keras panitia dan seluruh warga sekolah dengan dukungan penuh Romo Pimpinan sekolah, SMP Katolik Adisucipto menerima 144 siswa dari kuota 160 siswa, adapun siswa yang mendaftar kemudian mengundurkan diri sebanyak 13 siswa.

Ibu Maria Febriani Nada, S.Pd ( Pengawar Ruang Tes Potensi Akademik) memberikan petunjuk mengerjakan soal dalam perangkat android siswa

Kehadiran siswa sebanyak 144 orang ini memberikan tantangan baru bagi pihak sekolah, bagaimana tidak pada tahun pelajaran 2022/2023 SMP Katolik Adisucipto secara resmi ditetapkan sebagai Pelaksana sekolah Penggerak yang kemudian kurikulum yang akan diterapkan juga berbeda dari tahun sebelumnya yaitu Kurikulum 2013 atau sering disingkat dengan K-13 menjadi Kurikulum Merdeka. Pihak sekolah menyadari bahwa bukan suatu hal yang mudah untuk menerapkan dua kurikulum sekaligus dalam suatu lembaga pendidikan. Namun dengan penuh optimisme yang tinggi, komitmen yang kuat segala bentuk tantangan pasti akan terlewati dengan baik. Adapun kurikulum merdeka yang nanti akan diterapkan bagi siswa baru atau kelas 7 sedangkan untuk kelas 8 dan kelas 9 masih menggunakan kurikulum 2013.

Para peserta didik yang dinyatakan sudah diterima juga harus melalui berbagai tahapan seperti Mengikuti wawancara dengan pihak sekolah yang wajib diikuti oleh calon peserta didik dan orang tua untuk menyepakati berbagai administrasi dan penyampaian informasi awal yang harus diketahui oleh calon peserta didik ketika kelak bersekolah di SMP Katolik Adisucipto penfui.Tahapan selanjutnya yang wajib diikuti oleh calon peserta didik baru adalah mengikuti Tes Potensi Akademik. Tes ini merupakan Tes Diagnostik yang bertujuan untuk mendapatkan informasi awal bagi sekolah tentang kemampuan awal calon peserta didik, yang kemudian informasi awal itu nantinya akan dimanfaatkan oleh bapak dan ibu guru untuk menentukan metode pembelajaran yang tepat yang akan diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Ibu Rinny Aryani Katu, ST ( Pengawas Ruang Tes Potensi Akademik)

Dalam Pelaksanaan Tes Potensi Akademik yang dilaksanakan secara Daring dengan menggunakan perangkat android, diikuti oleh 135 peserta didik baru dari jumlah 144 siswa yang diterima, sementara 9 peserta didik baru lainnya akan diberikan tes susulan oleh karena berbagai hambatan yang dialami oleh peserta didik yang bersangkutan. Pelaksanaan Tes Potensi Akademik yang berlangsung di SMP Katolik Adisucipto Penfui tersebut terbagi ke dalam 6 ruang ujian dan masing masing ruang ujian terdiri dari 25 peserta didik dan semuanya berjalan dengan lancar. Adapun soal soal yang diberikan adalah soal soal asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berjumlah 30 Nomor dengan Durasi pengerjaan soal selama 120 Menit. Pihak Sekolah sangat mengapresiasi atas dukungan Penuh dari orang tua peserta didik baru dalam Tes Potensi Akademik terutama dalam mempersiapkan perangkat Android bagi siswa yang sudah dilengkapi dengan paket data internet, sehingga memberikan kelancaran dalam pelaksanaan Tes Potensi Akademik tersebut. Hasil Tes Potensi Akademik yang sudah selesai dilaksanakan pada Jumat 8 Juli 2022 itu merupakan gambaran awal kemampuan peserta didik baru bagi guru mata pelajaran untuk menentukan metode pembelajaran yang nantinya akan diterapkan oleh guru di dalam kegiatan Belajar Mengajar. Sehingga implementasi metode Teaching at the right level (TaRL) benar benar berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Tag :

1 Komentar

Ririn Mude
Minggu, 10 Jul 2022

Spekacipto the best👍👍👍

Balas

Beri Komentar

Balasan

Alamat Sekolah

Jl. Adi Sucipto No. 44 Kelurahan Penfui Kecamatan Maulafa Kota Kupang -NTT

Email Sekolah

info@spekacipto.sch.id

Follow Sosial Media Kami

Februari 2024
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
26272829